Beranda | Artikel
Tafsir Surat Al-Ahzab Bag 3
Kamis, 8 Oktober 2020

Bersama Pemateri :
Ustadz Dr. Firanda Andirja, M.A.

Tafsir Surat Al-Ahzab Bag 3 merupakan bagian dari kajian tafsir yang disampaikan oleh Ustadz Dr. Abu ‘Abdil Muhsin Firanda Andirja, M.A. pada Rabu, 20 Shafar 1442 H / 7 Oktober 2020 M.

Kajian Tentang Tafsir Surat Al-Ahzab Bag 3

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اذْكُرُوا نِعْمَةَ اللَّـهِ عَلَيْكُمْ إِذْ جَاءَتْكُمْ جُنُودٌ فَأَرْسَلْنَا عَلَيْهِمْ رِيحًا وَجُنُودًا لَّمْ تَرَوْهَا ۚ وَكَانَ اللَّـهُ بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِيرًا ﴿٩﴾

“Wahai orang-orang yang beriman,” ini panggilan khusus kepada orang-orang yang beriman yang tentunya memotivasi mereka untuk mendengar karena dia merasa beriman.

“Ingatlah nikmat-nikmat Allah kepada kalian.” Allah dalam surat ini mulai menjelaskan bagaimana peristiwa perang Ahzab. Allah berfirman setelah itu: “ketika datang kepada kalian pasukan, maka Kami kirimkan kepada mereka angin dan pasukan yang kalian tidak lihat. Sesungguhnya Allah Maha Melihat apa yang kalian kerjakan.”

Tentunya, maksud “orang beriman” di sini yang masuk pertama kali dalam panggilan ini adalah para sahabat. Apalagi Allah mengingatkan kepada mereka tentang nikmat pertolongan Allah kepada mereka tatkala perang Al-Ahzab. Meskipun ayat ini mengingatkan para sahabat tentang nikmat yang Allah berikan kepada mereka, tetapi itu adalah nikmat untuk kita juga sebagai kaum muslimin. Karena nikmat yang didapatkan oleh Nabi dan para sahabat dimasa mereka adalah nikmat bagi kita. Perang Badar adalah nikmat bagi kita, perang Ahzab, Allah selamatkan kaum mukminin ketika itu adalah nikmat bagi kita. Karena dengan pertolongan Allah kepada mereka maka sampailah Islam kepada kita.

Jadi, ayat ini meskipun tujuan pembicaraannya kepada para sahabat, tapi juga berlaku kepada kita sebagai orang-orang yang beriman.

“Ingatlah Allah kepada kalian,” nikmat apa yang dimaksud? Yaitu nikmat Allah menyelamatkan dari Al-Ahzab.

Bagaimana penjelasan rincinya? Mari download mp3 kajian tafsir yang penuh manfaat ini.

Download mp3 Kajian Tentang Tafsir Surat Al-Ahzab Bag 3


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/49172-tafsir-surat-al-ahzab-bag-3/